SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN

JL. BHAYANGKARA NO. 484

CREATIVE GENERATION COMMUNITY

Menurut Penelitian, Rutin Minum Kopi Bisa Pengaruhi Fungsi Pendengaran

Jum'at, 05 Februari 2021 ~ Oleh smk tritech informatika ~ Dilihat 77 Kali

KOMPAS.com - Sudah bukan fakta baru bahwa kopi memberi banyak manfaat terhadap kesehatan, seperti menangkal penyakit hati, diabetes tipe 2, hingga meningkatkan harapan hidup. Terbaru, sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Autonomous University of Madrid mengungkapkan bahwa pria yang minum setidaknya satu cangkir kopi per hari dapat menurunkan risiko kehilangan pendengaran karena faktor usia. Dilansir Independent, penelitian tersebut dilakukan dengan menggunakan data dari 37.000 orang di Biobank Inggris serta memantau asupan kopi dari 36.923 pria dan wanita paruh baya dan lebih tua selama 11 tahun. Pendengaran para peserta diperiksa di awal penelitian, kemudian diperiksa kembali dua kali setelahnya dalam perjalanan penelitian. Hasilnya dianalisa dengan memperhitungkan faktor kesehatan dan gaya hidup, seperti apakah peserta merokok atau banyak terpapar suara keras. Para peneliti menemukan, risiko tersebut lebih rendah 15 persen pada pria yang minum satu hingga maksimal 4,5 cangkir kopi per hari. Menurut mereka, efek tersebut kemungkinan disebabkan karena adanya sifat antioksidan dan anti-peradangan dalan secangkir kopi. Tampaknya, manfaat yang didapatkaj tetap sama baik pada kopi berkafein maupun tampa kafein (decaffeinated), serta disaring atau pun tidak. Sayangnya, penelitian tersebut tidak menemukan hubungan apapun antara rutinitas minum kopi dengan fungsi pendengaran pada wanita. Tim peneliti menduga, alasannya adalah karena perbedaan fisiologi.

Hindari konsumsi berlebih

Meski penelitian mengungkapkan manfaat minum kopi rutin terhadap fungsi pendengaran, namun Dr Marcos Machado-Fragua yang merupakan bagian dari tim peneliti, mengingatkan untuk tidak meminumnya secara berlebihan. " Kopi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan dalam upaya untuk mencegah gangguan pendengaran, terutama bagi orang-orang yang memiliki masalah kesehatan terkait dengan konsumsi kafein," ungkapnya. Lalu, berapa banyak cangkir kopi per harinya yang dianggap berlebih? Menurut Mayo Clinic, konsumsi hingga 400 miligram kafein atau kira-kira empat cangkir kopi per hari masih dianggap jumlah aman untuk kebanyakan orang dewasa. Perlu diingat bahwa kandungan kafein setiap minuman dapat bervariasi, termasuk pada kopi. Meski jumlah tersebut terbilang aman, namun anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi hingga batas konsumsi tersebut. Wanita hamil, wanita yang mencoba hamil atau sedang menyusui juga perlu berkonsultasi dengan dokter tentang batasan asupan kafein.



Editor : Nabilla Tashandra


KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Muhammad Herizal Sinambela, S.Pd.I

Bismillahirrahmanirrahim.. Kepala Sekolah, Struktural dan seluruh dewan guru SMK Tritech Informatika mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya UNBK TP. 2019/2020…

Selengkapnya