SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN

JL. BHAYANGKARA NO. 484

CREATIVE GENERATION COMMUNITY

Libur ke Sekolah Diperpanjang karena Wabah Corona? Simak Info Terbaru Dinas Pendidikan Kota Medan

Jum'at, 27 Maret 2020 ~ Oleh smk tritech informatika ~ Dilihat 632 Kali

TRI BUN-MEDAN.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan mengeluarkan surat edaran terkait pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid 19 di kota Medan.  

Dalam surat edaran nomor 240/5942 yang diperuntukkan bagi koordinasi kecamatan serta kepala UPT SMP dan SMA Negeri maupun Swasta di kota Medan, menyampaikan 8 poin terkait proses ujian yang akan berlangsung.

Kepada Tri bun medan.com, Plt Kepada Dinas Pendidikan kota Medan, Masrul Badri membenarkan adanya surat edaran tersebut, ia mengatakan surat tersebut dikeluarkan karena Sehubungan dengan surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 4 Tahun 2020, tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19).

 

"Dijelaskan bahwa kesehatan lahir dan batin siswa, guru, kepala sekolah dan seluruh warga sekolah menjadi pertimbangan utama dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan. Sehubungan dengan hal tersebut, kita menyampaikan 8 point penting terkait ujian yang akan dihadapi peserta didik di Medan," katanya, Jumat (27/3/2020).

Di antaranya, Ujian Nasional untuk SMP/MTs dan Ujian Sekolah untuk SD/MI tahun 2020 dibatalkan.

Dengan dibatalkannya Ujian Sekolah tahun 2020 katanya maka keikutsertaan Ujian Sekolah tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk jenjang pendidikan SMP sederajat.

"Selanjutnya menindaklanjuti Surat Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Nomor 420/2793/Subbag Umum/2020 tentang pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat penyebaran Corona Virus Disease (covid-19) bahwa keikutsertaan Ujian Nasional SMP tidak menjadi syarat kelulusan atau seleksi masuk SMA/SMK sederajat," katanya.

Poin berikutnya kata Masrul yakni Kelulusan jenjang SMP ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir.

Nilai semester genap kelas 9, dapat digunakan sebagai tambahan nilai kelulusan, dan Kelulusan jenjang SD ditentukan berdasarkan nilai lima semester terakhir yakni semester 1 dan 2 kelas 4, semester 1 dan 2 kelas 5 dan semester 1 kelas 6.

"Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dibatalkan, lalu Penilaian akhir semester untuk kenaikan kelas dapat dilakukan dalam bentuk portofolio nilai rapot dan prestasi yang diperoleh sebelumnya.

Ujian akhir semester untuk kenaikan kelas dirancang untuk mendorong aktivitas belajar yang bermakna dan tidak perlu mengukur ketuntasan kurikulum secara menyeluruh," katanya.

 

Saat ditanya terkait perpanjangan masa libur ke sekolah atau belajar di rumah untuk peserta didik, Masrul mengatakan hal tersebut masih dalam proses pembicaraan.

Namun, ia mengatakan besar kemungkinan sekolah di Medan juga akan memperpanjang masa libur ke sekolah sebab masa tanggap darurat telah diperpanjang hingga 29 Mei.

"Belum ada pernyataan resmi, namun Kemungkinan akan diperpanjang juga," pungkasnya.

(cr21/tri bun-medan.com)



Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan
Editor: Salomo Tarigan

Berita

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Muhammad Herizal Sinambela, S.Pd.I

Assalamu'alaikum wr.wb. Puji syukur kepada Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan anugerahNya sehingga website SMK…

Selengkapnya